Cara Konfigurasi IP Address Pada Linux Ubuntu

Oy oy. apa kabar semuanya ketemu lagi sama mimin kece. Pada artikel ini mimin akan ngeshare artikel tentang Cara Konfigurasi IP Address Pada Linux Ubuntu. Sudah pada tau kan apa itu ubuntu?. Kalo belum cari di Wikipedia nya aja ya hehe. Tanpa basa-basi langsung saja cekidott.



1. Pertama klik System Setting untuk masuk pada pengaturan Ubuntu pada menubar disamping kiri tampilan Ubuntu.

2. Buka Network untuk mengatur pengaturan jaringan.

3. Selanjutnya akan muncul kembali tampilan Network disini terlihat Ip Address (192.168.132.128) yang di atur  oleh jaringan secara otomatis, lalu kita akan rubah secara manual langsung pilih Options.

4. Muncul tampilan Wired Connection 1, pilih tab IPv4 Settings (1) lalu ubah Method menjadi Manual (2) lalu  klik Add (3).

5. Selanjutnya (1) ubah Ip Address manualnya (192.168.132.14) Netmask (24) Gateway (192.168.132.2) gateway di dapat dari ip koneksi yang sedang kita gunakan bisa dilihat pada pengaturan Network sebelumnya di bagian DNS, Lalu (2) pada DNS server isikan ip Gateway terakhir pilih Save.

6. Nah, setelah diatur dan simpan maka  Ip Address akan berubah sesuai dengan pengaturan yang kita gunakan.

7. Buka Terminal untuk mengecek apakah perubahan pengaturan yang kita rubah berhasil terkoneksi atau tidak. ketikan --> ping <spasi> <ip gateway> --> ping 192.168.132.2 lalu tekan enter. Jika berhasil/terkoneksi akan muncul reply.

Oke, sekian artikel Cara Konfigurasi IP Address Pada Linux Ubuntu yang dapat mimin kece bagikan. Semoga bermanfaat bagi kalian semua, Mohon maaf bila banyak kesalahan dalam artikel ini CMIIW mimin juga masih dalam proses pembelajaran soalnya hehe. Terima kasih banyak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »