Tutorial Sharing Data dan Sharing Internet Menggunakan Kabel Ethernet (LAN)

Melanjutkan artikel Cara Menghubungkan 2 Komputer/Laptop Menggunakan Kabel Ethernet (Kabel LAN) disini saya akan membagikan artikel lanjutan tentang Tutorial Sharing Data dan Sharing Internet Menggunakan Kabel Ethernet (LAN).

SHARING  berasal dari kata share yang artinya berbagi atau saling menukar sesuatu, sharing di artikan dengan berbagi cerita atau saling memberikan sesuatu sedangkan sharing dalam pengertian jaringan  artinya saling berbagi data antara beberapa computer yang saling terhubung satu sama lain melalui jaringan sehingga computer yang satu dapat mengakses dan menggunakan sumberdaya yang terdapat pada computer tersebut.

Sebenarnya bukan hanya transfer data saja yang memungkinkan untuk dilakukan jika sudah terkoneksi antara satu laptop dengan laptop yang lain. Sharing pemakaian printer dan internetpun dapat dilakukan, terlebih jika laptop memiliki fasilitas Wifi atau Wireless.

Baiklah, untuk mempersingkat waktu, to the point aja. cekidott.

Yang pertama saya akan membagikan tutorial bagaimana cara melakukan Sharing Data menggunakan 2 komputer. Caranya adalah sebagai berikut ini.

- Pertama buka settingan IPv4 (Internet Protocol Version 4) pada masing-masing komputer ( komputer A dan komputer B) yang akan melakukan sharing data caranya ada pada artikel Cara Menghubungkan 2 Komputer/Laptop Menggunakan Kabel Ethernet (Kabel LAN).

- Lalu set IP address pada masing-masing komputer ( komputer A dan komputer B).

     - Mengisi IP Address pada Komputer A.


     - Mengisi IP Address pada Komputer B.



Selesai sudah pemberian IP address untuk kedua komputer, dan seharusnya antara kedua komputer tersebut sudah dapat saling sharing data.

Untuk mengecek koneksi, dapat dilakukan dengan perintah ping (*penting, pastikan kedua komputer telah menontaktifkan Windows Firewall).

- Perintah Ping dari komputer A ke Komputer B.
     - Buka CMD (Command Prompt), sudah tahu kan caranya.
     - Ketik : Ping <spasi> <IP Address Komputer B>.


     - Kemudian tekan Enter. Akan muncul Reply dari komputer B bila berhasil terhubung.


- Lalu perintah Ping dari komputer B ke Komputer A
     - Buka CMD (Command Prompt).
     - Ketik : Ping <spasi> <IP Address Komputer A>.


     - Kemudian tekan Enter. Akan muncul Reply dari komputer A bila berhasil terhubung.


Jika ping berhasil dan ada pesan reply, artinya kedua komputer sudah terhubung dan anda sudah bisa melakukan sharing data.'

Selanjutnya kita akan melakukan sharing data dari komputer A ke komputer B. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

- Pertama buka “Open Network and Sharing Center”. Caranya klik kanan pada ikon device Ethernet di pojok kanan bawah desktop. Lalu pilih Open Network and Sharing Center.




- Pilih “Change advanced sharing settings”.


- Pilih “All Network”. Lalu centang “turn off password protected sharing” agar komputer penerima tidak perlu ditanya password pada saat membuka folder sharing nya. Klik save changes.




- Sesudah itu kita akan meng-share folder yang akan di sharing. Caranya klik kanan pada folder yang akan di sharing -> Share with -> Specific people.


- Pilih “Everyone”. Lalu Add.



- Pada pilihan everyone pilih Read/Write agar Komputer B bisa memproses data yang di share oleh komputer A. Lalu save.

     - Read/Write artinya mempunyai hak akses melihat daftar file dan folder sekaligus mempunyai hak akses untuk membuat file dan folder baru di folder yang diakses.



- Done.


Selesai. Lalu cek apakah folder sudah di share ke komputer B, caranya seperti berikut.

- Buka "Network" pada komputer B.


- Klik 2x pada komputer yang meng-sharing data (Komputer A).


- Folder yang disharing ada. Klik 2x pada folder yang di-share apakah bisa dibuka apa tidak.




Apabila folder yang di share bisa terbuka dan file yang didalamnya bisa dijalankan berarti anda sudah melakukan sharing data dengan baik.

Dan jika ingin melakukan sharing data dari komputer B ke komputer A lakukan cara yang sama seperti diatas.

Oke kita lanjut ke tutorial Sharing Internet.

Disini saya akan melakukan sharing internet dari komputer A ke komputer B. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

- Pastikan komputer yang akan menjadi router (Komputer A) telah terhubung dengan jaringan internet (disini saya menggunakan WiFi) dan komputer B tidak terhubung dengan jaringan internet.


- Properties pada driver WiFi yang terkoneksi dengan jaringan internetnya.


- Pilih tab “Sharing” lalu centang keduanya. Klik Ok.


- Akan memberikan IP otomatis. Pilih Yes saja.


- Pada komputer B set IP address seperti ini. Default away pada komputer B disiisi dengan Ip Address Komputer A. Klik Ok.


- Close saja.


Seharusnya komputer B sudah bisa mengakses jaringan internet. Jika ingin mengecek koneksi, bisa melaui perintah Ping pada CMD atau cek salah satu situs menggunakan web browser pada komputer B.

1. Perintah Ping pada Komputer B.
- Buka CMD lalu ketik : Ping <spasi> <situs yang akan dicek (detik.com)>. Tekan Enter.




Akan muncul Reply dari situs yang dicek bila berhasil terhubung dengan jaringan internet.

2. Mengecek Menggunakan Web Browser.

Ketik alamat situs yang akan di cek (detik.com) dimesin pencari lalu tekan enter. Akan muncul halaman rumah situs yang dicek bila berhasil terhubung dengan jaringan internet.



Demikian artikel Tutorial Sharing Data dan Sharing Internet Menggunakan Kabel Ethernet (LAN) yang saya bagikan. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi teman-teman. Maaf bila masih banyak kesalahan dan kekurangan dalam artikel ini CMIIW. Saya juga masih dalam tahap pembelajaran juga hehe. Terimakasih :).

 













Share this

Related Posts

Previous
Next Post »